Tips Berharga Sebelum Pergi Haji

Bagi umat Islam yang mampu serta memiliki jiwa raga yang sehat diharuskan pergi haji dan umroh. Ini adalah sebuah kewajiban, bukan pilihan. Pengalaman ibadah berharga sekali seumur hidup ini membutuhkan persiapan maksimal dan perencanaan yang matang.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan ibadah haji maupun umroh.

Ucapkanlah bismillah (dengan menyebut nama Allah Swt.) dan berdoalah kepada Allah agar Anda diberikan kemudahan dalam setiap tahapannya. Hanya Dia yang mampu membantu Anda.

Jika Anda bekerja, hendaknya mendiskusikan perihal cuti dengan atasan Anda. Anda membutuhkan waktu paling tidak 3 pekan sampai dengan 1 bulan untuk melaksanakan ibadah haji. Periksa tanggal pasti kapan Anda berangkat dan pulang. Anda dapat berkonsultasi dengan agen perjalanan haji Anda tentang waktu keberangkatan dan tanggal pastinya.

Haji / umroh merupakan sebuah investasi kita di akhirat. Anda perlu meluangkan waktu dan mulai mencari agen perjalanan yang dapat memberikan Anda harga dan pelayanan yang terbaik. Anda dapat memulainya dengan bertanya kepada kerabat atau teman Anda yang telah sebelumnya menunaikan ibadah haji. Tanyakan kepada mereka tentang semua informasi yang dibutuhkan, mulai dari harga dan pelayanan yang diberikan oleh agen perjalanan tersebut.

Carilah agen perjalanan yang menawarkan berbagai pilihan paket haji beserta rincian lengkapnya. Jangan sampai Anda terbuai dengan paket yang mewah namun tanpa Anda ketahui rincian di dalamnya. Juga akan lebih baik jika agen perjalanan tersebut menawarkan Anda perihal imigrasi, paspor, dll.

 

Dokumen resmi yang dibutuhkan untuk haji.

Anda akan membutuhkan visa agar bisa menginjakkan kaki di negara Arab Saudi. Cari tahu berapa lama sebelum Anda harus mengajukan permohonan ini, dokumen apa yang harus dipersiapkan untuk itu. Pastikan paspor Anda belum kedaluwarsa. Atau jika Anda belum memilikinya, pastikan Anda membuatnya jauh hari sebelum Anda berangkat, karena birokrasi terkadang memakan waktu lama.

Terdapat banyak buku mengenai persyaratan dan cara berhaji. Salah satunya adalah buku Umroh & Haji oleh Sarwar Alam Raz. Pelajarilah tentang tahapan ibadah haji, bagaimana dan kapan suatu ibadah harus dilakukan, serta hal-hal yang harus dihindari dan dianjurkan selama haji.

Haji adalah salah satu ibadah dalam Islam yang menuntut fisik prima. Bayangkan Anda harus berjalan di bawah terik matahari, berjalan dari Safa ke Marwa, dan beberapa tahapan lainnya yang harus dilakukan.

Mulai hari ini, jaga fisik dan kesehatan Anda. Perhatikan apa yang Anda makan dan olahragalah secara teratur. Terapkan pola hidup sehat dengan menghindari makanan dan kegiatan yang dapat merusak kesehatan Anda. Dengan demikian, insyAllah badan Anda akan tetap prima ketika waktu haji tiba.

Bertemu dan memperoleh informasi langsung dari mereka yang telah pergi haji atau memiliki pengalaman berhaji sebelumnya adalah sesuatu yang berharga. Jadikanlah momen pertemuan tersebut untuk menggali informasi tentang setiap tahapan ibadah haji. Juga tak kalah penting Anda bisa bertanya tentang lingkungan, cuaca di kota terkait, serta makanan yang hemat serta praktis. Karena makanan

Demikianlah beberapa tips tentang Haji bisa juga untuk melaksanakan haji kecil yaitu umroh. Umroh Plus Turki Desember yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat dan Anda menjadi haji dan umroh yang mabrur.